Penyakit Jampes atau Tinea Cruris

by Awankoplak on 07:32 PM, 24-Dec-11

Category: SERBA SERBI

jamur.jpgJampes..
Ada yang pernah mendengar istilah diatas..
Saya yakin kalo orang jawa pasti pernah mendengar istilah itu.

Jampes(istilah orang jawa) Sebenernya nama ilmiahnya adalah Tinea cruris ,Yaitu Suatu penyakit kulit yang menyerang hanya di daerah sekitar kemaluan atau daerah selangkangan.
Biasanya penyakit ini di tandai dengan rasa gatal dan warna kemerah merahan pada sekitar selangkangan.

Dan ternyata Penyakit ini kebayakan hanya di alami oleh seseorang yang masih dalam masa puber atau remaja(ABG) baik laki ataupun perempuan,walau tidak tertutup kemungkinan orang dewasapun bisa terkena penyakit kulit yang satu ini.

Cara penyebaran penyakit Tinea cruris ini dimulai dengan pemembentukan ruam yang dimulai pada daerah selangkangan, terutama di lipatan antara bagian atas paha dan alat kelamin.
Ruam inilah awal terjadinya rasa gatal dan ditandai warna merah, Dan Ruam seringkali menyebar ke bagian dalam kedua paha dan dapat pula menyebar ke kulit bagian lain dari tubuh

Penyakit Tinea cruris ini Sebenarnya di sebabkan oleh suatu Bakteri jamur Dermatofit.
Dermatofit sendiri adalah kelompok jamur kulit yang tumbuh pada lapisan kulit mati.

Dan untuk cara penanggulanganya sebenernya sangatlah mudah ,asal kita rajin melakukannya insyaallah penyakit kulit yang satu ini dapat hengkang dari tubuh kita.

Berikut cara pencegahan dan pengobatanya :
1. Rajin rajinlah membersihkan diri(mandi)
Gunakan sabun anti septic atau sulfur saat mandi
2. Kenakan Pakain Dalam terutama CD(cawat) yang bersih dan berbahan dasar halus.
Hal ini dilakukan untuk mencegah gesekan kain dengan kulit yang sensitif di sekitar selangkangan.
3. Gunakan salep atau krim obat jamur kulit yang memang diperuntukan untuk kulit sensitif.
Misal : salep topikal ketoconazole, miconazole, dan econazole
yang semuanya didapat dengan resep dokter
4. Pemakain salep krim Steroid.
Hal ini dilakukan untuk keadaan penyakit kulit yang sudah meradang
5. Gantilah pakain setiap hari
6. Usahakan menjaga daerah selangkangan agar tetep kering setelah mandi.
Karena Selangkangan yang basah adalah tempat yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak.
7. Jangan berbagi handuk dengan orang lain.
8. Pengobatan dari dalam.
Mintalah obat anti jamur yang diminum kepada dokter spesialir penyakit kulit.
seperti Gliseofolvur
9. Pemakaian Bedak salicil atau yang sejenisnya jika penyakit ini dalam tahap awal menyerang kulit.

Nah itu saja tips dari saya ,mudah mudahan kita semua mampu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

Lalu Bagaimana dengan kalian
Masih pengen tetep garuk garuk ,ketika lagi ngobrol sama teman teman kalian atau segera diobati.
kalian sendiri yang menentukan.

tags = kesehatan kulit

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

37 responses to "Penyakit Jampes atau Tinea Cruris"

Ardian | TibiaMe | Gba [07:46 PM, 24-Dec-11]

pertamax+.. Mantab info na.. Thanks mas..

Manman Rohman [07:47 PM, 24-Dec-11]

bgus info'y sob

Yusufefendy [08:15 PM, 24-Dec-11]

nymak aja sob..

jngan lupa kunbal ya?? Di tunggu ..

Lilik Bagus [08:21 PM, 24-Dec-11]

alhamdlh saya tidak sob, kalau teman iya dia persis sama apa yang sobat share ini, makash ya sob sudah berbagi ilmu,

Nugroho gajelas.mywablog.com [08:49 PM, 24-Dec-11]

benar2 info yg mantap...biggrin

Nugroho gajelas.mywablog.com [08:50 PM, 24-Dec-11]

benar2 info yg mantap...biggrin

My Name is Jemz [09:14 PM, 24-Dec-11]

Thank sob infonya smile
Sngat bermamfaat smile

Sarilah [09:26 PM, 24-Dec-11]

berguna sekali sob info nya.thanks ya

Anyoel KotoKers™ [09:35 PM, 24-Dec-11]

hehehe ini penyakit anak pondok'an nich.. Hehehe.. Thanks tips'a..

AguSoulmate [10:08 PM, 24-Dec-11]

Resep ampuh nih smile

Awiix [10:20 PM, 24-Dec-11]

langsung d catet dah resepnya smile

Aguezt_Toboezt [10:24 PM, 24-Dec-11]

kunjungan sore sob...
,hadir untuk menyimak...
,jika berkenan silahkan kunbal...

http://toboezt.heck.in

Ricardo [11:51 PM, 24-Dec-11]

kunjngn mlm s0b.
Nice to info s0bsmile

Black Angel [12:41 AM, 25-Dec-11]

.mantap s0b. .lanjut biggrin

Denjava [03:04 AM, 25-Dec-11]

ilmu baru nih jgn dilewatkang sipan D BM

Andri Irawan [04:46 AM, 25-Dec-11]

selamat pagi, sudah lama tak berkunjung, blog ini semakin maju saja, sukses yah biggrin

http://rankur.mywapblog.com/gallery-rusak.xhtml

Ade cicyber hacker MUDA INDONESIA [06:11 AM, 25-Dec-11]

Wahh,, bagus ni share'nyaa
thxx

Gaplek [08:16 AM, 25-Dec-11]

wah, jo meden2 lah,,

AripCage CagezGagez [09:03 AM, 25-Dec-11]

wah nice info kang biggrin
btw ente jampesan kga ? wkwkwkwk mrgreen razz
ok sob ditnggu kunbalnya biggrin

AripCage CagezGagez [09:04 AM, 25-Dec-11]

wah nice info kang biggrin
btw ente jampesan kga ? wkwkwkwk mrgreen razz
ok sob ditnggu kunbalnya biggrin

Ahmadzen [09:40 AM, 25-Dec-11]

absen pagi sob.smoga kita semua sehat slalu

Ahmadzen [09:42 AM, 25-Dec-11]

absen pagi sob.smoga kita semua sehat slalu

Abel [10:21 AM, 25-Dec-11]

mantap bermanfaat bnget sob info'nya biggrin

Yanz'rimba [10:56 AM, 25-Dec-11]

hadir plus nyimak sob..makasih infonya

Bagoez Parikezit [11:02 AM, 25-Dec-11]

kunjungan perdana sob. Info bgus.. Folbek yow. Tks.

javacafe™ [10:06 AM, 04-Aug-12]

hihi .. Baga artikel gan , mga 2 bermanfaat biggrin thanks , salam kenal

aldy asmoro [06:45 AM, 14-Sep-12]

info nya bgus dn pas am yg ku alami

qhosemCPN [08:29 PM, 14-Oct-12]

waw...
Keren

gogeta [10:32 PM, 21-Oct-12]

trims sob' ane ngalamin nich
sakitnya minta ampun jika udah lecet

yudhi [10:45 PM, 22-Nov-12]

ilmu yang berguna,thanks

www.ys-portal.blogspot.com

Antok [09:07 PM, 30-Jun-13]

iya ini sob ..
ini penyakit yg menyrang gua .
hampir smua temen gue kena ni Jampes gatal nya minta ampun ..
tpi sekarang ma ini uda sembuh gua .
tpi bekas nya itu ga mau ilang
ada yg tau kah tips tuk mghilangkan bekas ni jampes ?? biggrin

wha-one [04:54 AM, 22-Jul-13]

Wah,,ne gw lagi permulaan bos,,gmn cara mencegahnya??
Absen pagi bos

zendy pc [01:40 PM, 12-Sep-13]

haaahahaa jampesenn jan besuu <br />
<br />
cara menyembuhkan nya adalah dengan cara di cium dengan seorang kekasih,,, itu langsung sembuh,,,

Enda [01:03 AM, 03-Oct-13]

Enyonk yo jampesen iki ra mari" mancen Aseuuuu tenanan,.biggrin razz

jamperson [08:39 PM, 12-Apr-14]

nyat lonte jampes marai mumet kok asuuu

gokil [08:42 PM, 12-Apr-14]

iya gan ini malah jampesen plus jembuten tambah gatel....tur gateliii

noir [08:46 PM, 12-Apr-14]

masnya yang punya blog dilihat dari mukanya juga penderita jampesen ya....he he

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images